Kamis, 03 Agustus 2017

Hati - Hati Penyakit Mata Bisa Sebabkan Kucingmu Buta. Kenali Jenis Penyakitnya...

  admin       Kamis, 03 Agustus 2017
Hati - Hati kalau Mata kucingmu merah , infeksi , dan ia kerap menggaruk-garuk matanya? 

Hati - Hati Penyakit Mata Bisa Sebabkan Kucingmu Buta. Kenali Jenis Penyakitnya...
Hati - Hati Penyakit Mata Bisa Sebabkan Kucingmu Buta. Kenali Jenis Penyakitnya...

Jangan biarkan kucingmu tersiksa terlalu lama karena penyakit matanya. Terlambat mengobati mampu berisiko kebutaan permanen ya! kenali lima penyakit mata yang sangat sering menjangkit pada kucing.


1. Konjungtivitis
Konjungtivitis


Konjungtivitis atau mata merah merupakan peradangan yang mampu disebabkan oleh virus atau bakteri. Kalau peradangan dimulai dari satu mata , lalu berlanjut ke mata yang lain , mampu jadi disebabkan oleh basil chlamydia atau mycoplasma. Tapi , kalau peradangan dimulai dengan kedua mata , berarti disebabkan oleh virus. Mata kucing yang terkena peradangan ini akan lembap dan terasa gatal membuat kucing mengusap matanya. Cairan yang enggak diseka mampu mengering hingga mata tertutup. Pengobatan tergantung penyebab. Oleh karena itu , sebaiknya bawa kucing ke dokter untuk diperiksa. Kompres hangat mampu membantu membersihkan mata dari cairan yang menumpuk dan mengering.


2. Katarak
Katarak

Seperti insan , kucing juga mampu terkena katarak yang mengakibatkan penglihatan terganggu , bahkan menjadi buta. Bola mata terlihat berawan atau keruh yang lama kelamaan menjadi melebar. Katarak inilah yang menghalangi cahaya masuk ke mata dan mengakibatkan penglihatan terganggu. Tak hanya kucing renta yang mampu mengalami katarak , kucing yang gres lahir juga mampu membawa katarak. Apa pemicunya? Ada beberapa di antaranya , yaitu usia , bawaan , cedera , penyakit lain (Feline Infectious Peritonitis , Feline Leukemia dan FIV) , rujukan makan buruk , dan diabetes. Satu-satunya cara mengatasi katarak yaitu dengan tindakan operasi untuk mengambil lapisan katarak.

3. Glaukoma
Glaukoma

Glaukoma terjadi saat ada cairan yang menumpuk sehingga menekan bola mata. Adanya tekanan pada mata dirasakan sakit bagi kucing hingga membuatnya enggak mau makan , enggak mau disentuh , tidur lebih banyak dari biasanya dan menghindari cahaya matahari. Mata kucing terlihat berawan , lembap , dan berbentuk agak menonjol. Glaukoma mampu disebabkan karena problem struktur di dalam mata atau efek dari penyakit lain atau trauma. Glaukoma bekerjsama mampu dideteksi lebih awal asalkan pemilik rutin membawa kucingnya melaksanakan pemeriksaan ke dokter hewan.

4. Uveitis
Uveitis

Uveitis yaitu salah satu gangguan mata yang umum terjadi pada kucing dan mampu menjadi sangat serius. Tanpa penanganan medis , mata kucing kesayangan berisiko tinggi mengalami kebutaan. Apa gejalanya? Beberapa di antaranya yaitu bentuk pupil enggak rata dan terlihat kecil , ukuran enggak normal , ada tonjolan dan kemerahan pada kelopak , dan sensitif terhadap cahaya matahari. Apa penyebabnya? ada banyak penyebab , mampu oleh virus , jamur , basil , kanker , dan dalam banyak kasus enggak diketahui pasti atau yang disebut idiopatik. Penanganan uveitis tergantung dari penyebabnya. Kaprikornus , penting untuk segera ke dokter hewan kalau kita melihat beberapa gejalanya.

5. Kornea Tergores

Kornea Tergores

Bila permukaan mata kucing tergores , seekor kucing akan merasa sakit , menggosokkan matanya , menyipitkan mata dan menghindari cahaya. Goresan pada kornea mampu disebabkan karena stress berat , misalnya bulu mata yang tak sengaja menggores atau tercakar kucing lain. Jika gesekan ringan terjadi , biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 24 hingga 48 jam. Bawa segera kucing ke dokter kalau dalam waktu 24 jam enggak terlihat ada perkembangan yang positif. Jika kita enggak menemukan penyebabnya dokter hewan akan menunjukkan pewarna pada mata untuk mencari gesekan pada kornea. Jangan pernah mengobati gesekan kornea mata dengan obat tetes mata yang dirancang untuk mengobati konjungtivitis. Kortison yang ditemukan pada beberapa produk obat mata tersebut dapat mengakibatkan kebutaan.

petlogue
logoblog
sini

Thanks for reading Hati - Hati Penyakit Mata Bisa Sebabkan Kucingmu Buta. Kenali Jenis Penyakitnya...

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar