Rabu, 02 Agustus 2017

Mengenal Kucing Birman Kucing yang Mirip dengan Persia Himalayan

  admin       Rabu, 02 Agustus 2017
Tentang Kucing Birman - Kucing Birman yakni salah satu ras kucing alami yang berasal dari Perancis.
Mengenal Kucing Birman , Kucing yang Mirip dengan Persia Himalayan
Kucing Birman
Sumber : Wikipedia

Legenda Kucing Birman
Berabad-abad yang lalu , ada orang-orang Khmer di Birma yang membuat sebuah kuil berjulukan Lao-Tsun. Kuil tersebut berkhasiat untuk memuja dewi yang memiliki mata berwarna biru safir yang berjulukan Tsun-Kyan-Kse. Kemudian , ada seorang pendeta berjulukan Mun-ha yang dikenal sering bersujud untuk bersemadi di depan patung emas dewi Tsun-Kyan-Kse , bersamaan dengan seekor kucing putih yang dibernama Sinh.
Baca juga : Manfaat Menjemur Kucing Persia dan Cara Menjemurnya
Pada suatu ketika , ada sekumpulan perampok yang menyerang kuil tersebut , sehingga menimbulkan Mun-Ha terbunuh dan meninggal. Setelah Mun-Ha meninggal , Sinh meletakan kakinya di atas tubuh tuannya dan menghadap ke patung dewi Tsun-Kyan-Kse. Kemudian , warna bulu putihnya bermetamorfosis keemasan , dan warna mata kuningnya bermetamorfosis biru , menyerupai mata dewi Tsun-Kyan-Kse. Warna keempat kakinya juga bermetamorfosis cokelat tanah , dan tetapi , cakar yang diletakkan di atas tubuh tuannya tetap berwarna putih , yang berarti melambangkan kesucian.

Keesokan harinya , ratusan kucing yang ada di kuil Lao-Tsun juga mempunyai warna yang sama dengan Sinh. Sinh tidak pernah meninggalkan altar pemujaan , hingga setelah 7 hari kemudian , Sinh meninggal. Arwah Sinh ternyata telah membawa arwah tuannya untuk menuju surga. Sejak ketika itu , kalau ada seekor kucing kuil juga meninggal , dipercaya akan ada arwah seorang pendeta yang menemani arwah kucing tersebut di perjalanan alam akhirat.

Sejarah Kucing Birman
Pada tahun 1919 , ada dua orang berkebangsaan Perancis berjulukan Auguste Pavie dan Gordon Russel yang datang ke kuil untuk membantu para pendeta. Sebagai tanda terima kasih , seorang pendeta kuil berkebangsaan Amerika berjulukan Vanderbilt menunjukkan sepasang kucing ras Birman. Kucing betina tersebut yang diberi nama Sita ternyata sedang dalam keadaan mengandung. Namun sayang , pada ketika diperjalanan kucing jantan mati. Selanjtnya , Sita kemudian melahirkan anak kucing yang diberi nama Poupée de Madalpour.
Baca juga : Harga dan Tips Membeli Kucing Persia
Pada tahun 1925 , diketahui ada organisasi pendaftaran kucing berjulukan Federation Feline FranSais , yang kemudian mengakui ras Birman sebagai ras kejuaraan dengan nama Sacré de Birmanie. Namun , hal ini masih diragukan. Dan pada tahun 1925 juga , ras awal Birman diketahui berasal dari sepasang kucing berjulukan Orloff de Kaabaa (Birman jantan) dan Xenia de Kaabaa (Birman betina). Ras ini mengalami kemunduran jawaban resesi dan Perang Dunia II. Hanya satu pasang kucing yang berhasil selamat melewati masa-masa sulit tersebut.

Pada tahun 1966 , ras kucing Birman pertama kali diakui di Ingris. Kemudian gres pada tahun 1967 , Birman kedua kalinya diakui di Amerika Serikat oleh Cat Fanciers' Association (CFA).

Karakteristik Kucing Birman
Birman yakni kucing berukuran sedang dengan berat tubuh 4-6 kg. Birman hanya mempunyai warna mata biru. Pola warna Birman yakni colorpoint , yaitu warna gelap pada indera pendengaran , wajah , ekor dan keempat kaki , kecuali keempat telapak kaki dan cakar yang berwarna putih. Warna yang paling sering ditemui pada Birman yakni seal-point dan blue-point.
Baca juga : Cara Memandikan Kucing Persia Dirumah
Badannya berotot dan memiliki panjang menengah , dengan kaki yang kuat. Kepalanya lebar dan lingkaran , pada hidung terdapat sedikit lekukan , sedangkan mata hampir berbentuk lingkaran dan berwarna biru. Telinga berukuran sedang dengan ujung melengkung. Bulu leher dan ekor sangat tebal dan halus. Warna bulu tubuh lebih pucat dibandingkan warna point pada kedua indera pendengaran , muka , kaki dan ekor. Birman memiliki warna putih pada keempat jari-jari kakinya. Warna putih ini berbentuk simetris , tidak melebihi batas pergelangan kaki.

Temperamen Kucing Birman
Birman merupakan kucing yang menyenangkan , cerdas , dan setia kepada pemiliknya. Birman yakni kucing yang senang berada disekitar insan , dan juga sering menunggu pemiliknya pulang ke rumah , kalau pemiliknya sedang pergi ke luar rumah.

Sumber : Wikipedia
logoblog
sini

Thanks for reading Mengenal Kucing Birman Kucing yang Mirip dengan Persia Himalayan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar